Kamis, 19 Agustus 2010

Pemkot Bontang Berharap Gas Kota Terbangun

Pemerintah Kota Bontang berharap seluruh pelosok kotanya dapat dibangun jaringan distribusi gas kota. Untuk mendukung keterbatasan dana pemerintah pusat, pemkot akan mengusahakan dana dari pemerintah daerah.

Seperti dilansir situs Ditjen Migas Hal itu disampaikan Wakil Walikota Bontang Syahid Dairomi dalam pertemuan dengan Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo, Senin (22/6) kemarin.

Menurut Syahid, jika pemerintah hanya membangun jaringan distribusi gas kota untuk 2 kelurahan saja, dikhawatirkan dapat menimbulkan kecemburuan masyarakat.

“Kalau cuma dibangun di 2 kelurahan saja, kami khawatir akan menimbulkan keresahan di masyarakat. Jika memang Bontang sudah masuk dalam perencanaan pemerintah menjadi kota gas, kami akan berusaha membantu melalui dana APBD,” katanya.

Syahid mengemukakan, pemerintah tidak perlu membangun instalasi sampai ke rumah-rumah penduduk, agar jaringan distribusi yang dibangun dapat lebih luas. Jika disetujui pemerintah daerah, instalasi ke rumah akan dibangun melalui dana dari daerah.

Terhadap keinginan tersebut, Evita mengemukakan hal itu dapat dibicarakan lebih lanjut. Pembangunan jaringan distribusi sampai dengan instalasi ke rumah-rumah seperti yang dilakukan di Palembang dan Surabaya, dimaksudkan agar masyarakat dapat langsung menikmati gas kota tanpa harus mengeluarkan uang.

”Tapi kalau pemda mau membangun instalasi ke rumah-rumah agar jaringan distribusi gas yang dibangun dapat lebih luas, dapat kita bicarakan lagi. Tapi perlu diingat, kami harus bersikap adil. Jadi jika Bontang jadi dibangun jaringan gas, maka besaran biayanya harus sama dengan daerah lain dan karena keterbatasan biaya, tidak seluruh kota dapat dibangun jaringan,” ujar Evita.

Berdasarkan roadmap pembentukan gas kota, akan dilakukan Front End Engineering Design (FEED) dan Detail Engineering Design for Construction (DEDC) di Kota Bontang pada tahun 2010 dan pembangunan jaringan distribusi pada 2011. Pasokan gas sebesar 2 MMSCFD direncanakan berasal dari KKKS yang berlokasi di sekitar wilayah tersebut.

Target pembangunan infrastruktur kota gas direncanakan meliputi 2 kelurahan yaitu Kelurahan Api-Api Kecamatan Bontang Utara sebanyak 6.163 KK dan kelurahan Gunung Elai Kecamatan Bontang Utara sebanyak 8.352 KK.(*/tn02)


Sumber :
http://www.tambangnews.com/berita/daerah/151-pemkot-bontang-berharap-gas-kota-terbangun.html
23 Juni 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar