Kamis, 19 Agustus 2010

Pariwisata Kota Bontang

PT. Pupuk Kaltim
Pabrik PT. Pupuk Kaltim (PKT Bontang) merupakan pabrik pupuk pertama dan terbesar yang ada di pulau Kalimantan. Cara pengolahan pupuk dari berbagai bahan baku secara kimiawi nerupakan hal yang sangat menarik bagi kalangan pelajar/mahasiswa/akademis. Panorama pabrik pupuk ini di malam hari yang bermandikan cahaya juga sangat menarik untuk disaksikan.

Danau Pupuk Kaltim
Danau ini berada di areal perumahan PT. Pupuk Kaltim Bontang. Wisatawan dapat menikmati panorama danau dan taman-taman yang sambil menghirup udara sejuk dan bersantap siang di Rumah Makan Bontang Kuring.

PT. Badak NGL
Seperti halnya pabrik pupuk PKT Bontang, kilang gas alam cair (LNG) terbesar di Indonesia milik PT. Badak NGL ini juga sangat menarik untuk disaksikan. Di area PT. Badak NGL terdapat kawasan bernama Pantai Marina, disini wisatawan dapat menikmati keindahan panorama pantai dan suasana pabrik pengolahan gas alam cair.

Bontang Kuala
Bontang Kuala terletak di timur Kota Bontang. Daerah ini merupakan sebuah perkampungan diatas laut, dan sebagai sentra produksi terasi serta rumput laut yang sangat menarik untuk disaksikan.


Pulau Beras Basah
Beras Basah merupakan nama sebuah pulau di wilayah kota Bontang. Pulau dengan pantai pasir putih ini merupakan tempat rekreasi yang menarik sambil menikmati keindahan panorama laut selat Makassar, wisatawan juga dapat berenang dan menghirup udara laut yang sejuk. Pulau Beras Basah dapat dicapai dengan menggunakan Speed Boat atau kapal motor dari Pelabuhan Tanjung Laut, Bontang.


Teluk Kaba
Teluk Kaba merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Kutai. Disini dapat disaksikan keindahan alam berupa pohon-pohon bakau, hutan berpadang rumput, dan hutan hujan. Wisatawan yang mencintai keindahan alam dapat secara langsung menyaksikan kehidupan satwa seperti orangutan, rusa sambar dan kera. Di tempat ini juga bisa dengan mudah ditemukan "kantung semar", yakni tanaman khas Taman Nasional Kutai.


Sumber :
http://www.kutaikartanegara.com/wisata/bontang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar